Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR)

PKPR
Kegiatan Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) rutin dilaksanakan di sekolah wilayah kerja UPT Puskesmas perawas, bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan anak didik secara optimal.
Pemeriksaan kesehatan remaja yang rutin inii untuk demi mencapai target SPM, yaitu Pelayanan Kesehatan Usia Sekolah dan Remaja. Kegiatan pemeriksaan kesehatan remaja ini dilaksanakan oleh 5 petugas / pemegang program kesehatan dari UPT Puskesmas Perawas yaitu Petugas UKS, Petugas PKPR, Petugas Gizi Remaja, Petugas Napza, Petugas Jiwa.
Kegiatan pemeriksaan kesehatan berupa, pengukuran tinggi badan, berat badan, tekanan darah, skrinning HB untuk remaja putri, skrinning merokok dan skrinning jiwa. Dilakukan juga pemeriksaan mata, kebersihan kulit, telinga, serta gigi dan mulut. Konseling secara pribadi pun dilakukan pada saat pemeriksaan kesehatan, berupa pertanyaan sekitar masalah kesehatan lainnya pada siswa.
Selain itu juga memberikan edukasi tentang PHBS) perilaku hidup bersih dan sehat) baik untuk pribadi ataupun lingkungan sekolah. Setelah kegiatan ini dilakukan, hasil kegiatan akan kami evaluasi sebagai acuan dan harapan untuk mendukung angka capaian pelayanan kesehatan bagi peserta didik di wilayah kerja Puskesmas, dan diharapkan lagi agar siswa bisa lebih memperhatikan kesehatan pribadi nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *