Koordinasi Dengan Lintas Sektor Instansi Pendidikan mengenai Rencana Kegiatan BIAS, screening Anak Usia Sekolah dan Pengobatan Masal Filariasis

Berita

Pada tanggal 29 Agustus 2022, Puskesmas Perawas mengundang Kepala Sekolah, Guru UKS dan Ketua Komite yang ada dalam wilayah kerja UPT Puskesmas Perawas untuk membahas rencana pelaksanaan :

  1. BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) yang akan dilaksanakan pada bulan September dan Nopember 2022
  2. Pelaksanaan Screening anak usia sekolah yang rencananya akan dilakukan pada tanggal 1 sd. 16 Agustus 2022
  3. Rencana Pelaksanaan pengobatan masal kepada semua penduduk usia > 2 Tahun kaki gajah (Filariasis) yang melibatkan sasaran anak usia sekolah.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Sub bagian Tata Usaha Agustomi, S.K.M. Dalam pembukaannya, kasubbag TU menyampaikan harapan agar pelaksanaan program pemerintah di bidang kesehatan dalam wilayah kerja UPT Puskesmas bisa berjalan lancar. Disampaikan juga bahwasannya instansi pemerintah sudah seharusnya saling mendukung setiap program yang dilaksanakan oleh pemerintah sesuai dengan kapasitas dan wewenang yang dimiliki. Puskesmas Perawas tidak dapat mengoptimalkan capaian bidang kesehatan tanpa bantuan dari lintas sector, termasuk dengan sector instansi Pendidikan. Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi imunisasi anak usia sekolah yang disamapaikan oleh Wulandari, A.Md.Kep, dan materi mengenai UKS yang disampaikan oleh Dita Rizki Anglina,S.K.M.

Selanjutnya peserta lebih banyak melakukan diskusi dan tanya jawab serta shering sesame peserta mengenai permasalahan dan kiat-kiat dalam pelaksanaan imunisasi di sekolah dan pelaksanaan UKS khususnya masalah kantin sehat.

Belajar dari pelaksanaan imunisasi di sekolah yang telah dilakukan selama ini, ada beberapa hal yang disepakati:

  1. Puskesmas akan menyediakan video edukasi mengenai pelaksanaan imunisasi di sekolah yang akan dibagikan pada grup UKS dan selanjutnya guru akan melanjutkan video edukasi tersebut melalui grup orang tua murid.
  2. Puskesmas Perawas akan membuat jadwal dan akan menyurati sekolah mengenai tanggal pelaksanaan BIAS
  3. Jika masih ada orang tua murid yang masih mau disosialisasikan mengenai pelaksanaan BIAS, silahkan ketua komite berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk mengakomodir pelaksanaan sosialisasi dan puskesmas akan mengisi sesi sosiliasasi tersebut. Belajar dari pengalaman sebelumnya, yaitu ada juga orang tua yang setuju dengan pelaksanaan BIAS dan sudah tau mengenai imunisasi BIAS, maka sosialisasi hanya dilakukan pada orang tua yang membutuhkan sosilisasi.
  4. Petugas Puskesmas akan melakukan kegiatan BIAS sesuai dengan jadwal yang telah disampaikan

Semoga Bersama kita bisa mengsuseskan program pemerintah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *