Yuuk… Jadi Ibu Hamil yang Cerdas

Kesehatan Ibu dan Anak (KIA)
Pemeriksaan Kehamilan ANC di Puskesmas :
👋👋👋 Pentingnya pemeriksaan kehamilan/ANC yaitu untuk mendeteksi dini komplikasi kehamilan guna menurunkan jumlah kehamilan dan angka kesakitan pada ibu, serta meningkatkan kesehatan fisik dan mental pada ibu hamil secara optimal untuk mempersiapkan masa persalinan, nifas dan menyusui …
ANC atau anteatal care merupakan perawatan ibu dan janin selama masa kehamilan. Seberapa penting dilakukan kunjungan ANC?
Sangat penting.
Melalui ANC berbagai informasi serta edukasi terkait kehamilan dan persiapan persalinan bisa diberikan kebada ibu sedini mungkin.
Pemeriksaan ANC (Antenatal Care) merupakan pemeriksaan kehamilan yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental pada ibu hamil secara optimal, hingga mampu menghadapi masa persalinan, nifas, menghadapi persiapan pemberian ASI secara eksklusif, serta kembalinya kesehatan alat reproduksi dengan wajar.
Antenatal care(ANC) merupakan pengawasan wanita hamil secara teratur dan tertentu dengan tujuan menyiapkan fisik dan mental serta menyelamatkan ibu dan anak dalam kehamilan, persalinan dan nifas.
Kapan saja ANC dilakukan?
Setiap ibu hamil disarankan untuk melakukan kunjungan antenatal yang komprehensif dan berkualitas minimal 4 kali, yaitu 1 kali sebelum bulan ke 4 kehamilan, kemudian sekitar bulan ke 6 kehamilan dan 2 kali kunjungan sekitar bulan ke 8 dan 9 kehamilan.
Pelaksanaan ANC minimal 8 kali bagi setiap ibu hamil sangata dianjurkan untuk mengurangi kematian selama kehamilan maupun saat persalinan.
WHO menganjurkan setiap ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan kehamilan setidaknya 8 kali, dimulai dari usia kehamilan 12 minggu. Rinciannya adalah sebagai berikut: Trimester pertama: 1 kali di usia kandungan 4-12 minggu. Trimester kedua: 2 kali usia kandungan 20 minggu dan 26 minggu.
Yuk jadi BUMIL CERDAS 😉😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *