SERANGKAIAN KEGIATAN TES KEBUGARAN PEGAWAI UPT PUSKESMAS PERAWAS TAHUN 2023

Berita

Tes kebugaran jasmani adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk menilai atau mengukur sejauh mana kemampuan kebugaran jasmaninya dan mengetahui tingkat kebugaran jasmaninya.

Pada tanggal 15 Juli 2023 Rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh UPT Puskesmas Perawas dalam tes kebugaran terhadap pegawai adalah dimulai dari pemeriksaan kesehatan seperti tinggi badan, berat badan, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan laboratorium darah dan penelusuran riwayat penyakit. Tes kebugaran kali ini diikuti 32 pegawai dari 44 pegawai yang ada. Sisanya tidak dapat mengikuti tes kebugaran karena ada yang lagi menjalani cuti, ada yang proses dalam kondisi hamil dan ada yang lagi libur setelah dinas malam di pelayanan mampu salin.

Dari 32 pegawai yang menjalani pemeriksaan kesehatan dari pengukuran tekanan darah, nadi, tinggi badan, berat badan, lingkaran perut dan pengukuran indeks masa tubuh, didapatkan hasil :

  • Bobot sangat kurang : 1 pegawai (3,12%)
  • Normal : 13 pegawai (40,62)
  • Kelebihan Bobot : 15 pegawai (46,87)
  • Obesitas kelas I : 1 Pegawai (3, 12%)
  • Obesitas Kelas II : 1 Pegawai (3,12%)
  • Obesitas Kelas III : 1 Pegawai (3,12%)

Kesimpulan terdapat 1 orang (3,12%) pegawai yang berbobot kurang dan harus menambah bobotnya, hanya ada 13 Pegawai (40.62%) berbobot normal, dan terdapat 18 pegwai (56,25%) yang mengalami kelebihan bobot dan harus menurunkan berat badannya.

Selanjutnya dilanjutkan dengan tes kebugaran. tes kebugaran sendiri diikuti oleh 33. Pegawai yang masuk kategori resti sebanyak 10 orang harus menjalani tes kebugaran dgn metode test jalan 6 menit. Sedangkan 23 pegawai yang masuk kategori layak sebanyak  harus menjalani jalan cepat dengan menenmpuh jarak 1.6 Km. berikut hasil tes kebugaran yang telah dilakukan;

Kurang : 13 Pegawai (39,39%)

Cukup : 18 Pegawai (54,54%)

Baik : 2 Pegawai (6,06%)

Kegiatan tes kebugaran pelaksanaanya dimulai dari pukul 07.00 dimulai dengan pemanasan dan dilanjutkan dengan menempuh jarak 1,6 Km. Untuk menambah kemeriahan kegiatan, panitia memberikan hadiah kepada 3 pegawai yang terbugar di UPT Puskesmas Perawas. Panitia juga menyediakan doorprice dengan menjual kupon kepada para peserta serta ditambah dari sumbangan pribadi peserta yang mau menyumbang hadiah. Setelah kegiatan tes kebugaran selesai dilakukan. Pukul 08.15 Semua pegawai kembali menjalani aktifitas pelayanan seperti biasanya. Kegiatan yang sama kembali akan dilakukan lagi pada akhir tahun2023

Dengan bugar kita bisa memberikan pelayanan lebih optimal.

Wassalam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *